Selamat hari raya Idul Fitri saudaraku

Alhamdulillah kita sudah bisa bertemu lagi dengan hari raya idul fitri tahun ini, 1 Syawal 1429 H. Selama bulan ramadhan kali ini, saya menemui banyak sekali hal-hal yang belum pernah saya temui sebelumnya.

Maklum ini kali pertamanya berpuasa dan berlebaran di negeri orang, jauh dari kampung halaman. Hal-hal yang menarik disini adalah :

1. Bubur ramadhan : bubur yang konon ada selama bulan ramadhan saja (kecuali klo ada yang mau bikin bubur ini di luar bulan ramadhan😀 ). Awalnya bingung juga baca tulisan “Pembagian bubur ramadhan setelah sholat jum’at”, dalam hati “weh tengah hari bolong, puasa-puasa kok ada yang bagi-bagi bubur”. Tapi setelah coba buka di masjid dan ngerasain buburnya ….. hmm mau lagi ….😀

2. Sahur dan berbuka di masjid, mungkin ini ngga ada yang istimewa ya. Di indonesia juga banyak masjid yang melakukannya. Tapi disini terasa lain karena kita di sediakan 1 nampan untuk 3-5 orang, hmmm berasa kebersamaannya. Sekilas siy biasa aja, tapi yang saya ambil adalah rasa toleransi, kebersamaan, dan saling menghargai. Karena satu nampan, jelas harus mengerti perasaan orang lain yang ada bersama kita (supaya ngga rebutan🙂 )

3) Qiamul-lail, tepat jam 3.30 (terutama 10 hari terakhir di bulan ramadhan) saya bisa melihat mobil-mobil berjejer di halaman masjid Ar-Raudah. Sepintas kelihatannya masjid sepi. Tapi sayup-sayup bisa terdengar suara ayat-ayat Al-Quran di bacakan, begitu merdu dan lumayan panjang. Sungguh, betapa iri melihat mereka yang bisa seberuntung ini.

4) Masjid yang selalu ramai……. andai setiap hari di setiap minggu, dan setiap minggu di setiap bulan, dan setiap bulannya itu adalah bulan ramadhan. Mudah-mudahan mesjid akan tetap ramai di luar bulan ramadhan.

Tapi di balik itu semua, saya sempat kecewa karena tidak dapat melaksanakan sholat ied karena tertidur selepas shubuh. Tapi sepertinya itu memang resiko saya, yang tetap memaksakan kerja (shift malam) di malam lebaran (Semoga Allah SWT bisa memaafkan saya).

Akhir kata saya memohon maaf kepada para pembaca sekalian, jika ada tulisan-tulisan saya yang menyinggung pembaca sekalian, TAQABALLAHU MINNA WA MINKUM WA SIAMANA WA SIAMAKUM MINAL AIDIN WAL FAIDZIN …..

~ oleh r420r pada Oktober 2, 2008.

Tinggalkan Balasan

 
